Sukmiati Nurul Islamiah WordPress.com site

Penyakit Hepatitis

Peradangan pada hati(liver)umumnya disebut “Hepatitis” dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati(liver). Penyakit hepatitis dapat disebabkan oleh berbagai macam,mulai dari virus sampai dengan obat-obatan,termasuk obat tradisional.

Penyakit hepatitis sering ditandai dengan kulit dan bagian putih mata yang berwarna kekuningan. Oleh karena itu penyakit hepatitis sering disebut PENYAKIT KUNING. Penyakit kuning biasanya berhubungan pada kelainanan pada hati,darah,atau limpa.

Terdapat beberapa jenis penyakit hepatitis,yaitu hepatitis A,hepatitis B,C,D,E,F dan G. Penampilan penyakit hepatitis akibat virus bisa akut(hepatitis A) dapat pula kronik(hepatitis B,C) dan adapula yang kemudian menjadi kanker hati(hepatitìs B dan C).

Pada tulisan ini,kami hanya memaparkan penyakit hepatitis type virus A dan B saja.

Penyakit hepatitis A seringkali didapatkan pada anak-anak dan tidak menimbulkan gejala,sedangkan pada orang dewasa menyebabkan gejala mirip flu,rasa lelah,demam,diare,mual,nyeri perut,mata kuning dan hilangnya nafsu makan. Gejala hilang sama sekali setelah 6-12 minggu. Orang yang terinfeksi hepatitis A akan kebal terhadap penyakit tersebut dan tidak berlanjut menjadi kronik. Penularan bisa terjadi melalui makanan atau minuman yang tercemar kotoran penderita,misalnya makan buah-buahan,sayuran yang tidak dimasak atau makan kerang setengah matang. Minum dengan es batu yang prosesnya tercemar.

Penyakit Hepatitis B memiliki gejala mirip hepatitis A,mirip flu,yaitu hilangnya nafsu makan,mual,muntah,rasa lelah,mata kuning dan muntah serta demam. Penularan dapat melalui jarum suntik atau pisau yang terkontaminasi,transfusi darah dan gigitan manusia.

Saat ini banyak dikembangkan imunisasi untuk mencegah terjangkitnya penyakit hepatitis. Namun langkah pencegahan yang paling ampuh untuk mencegah hepatitis adalah dengan melaksanakan hidup bersih dan sehat, makan makanan yang bersi dan tidak tercemar, cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Suwmber: Buku Pegangan Penanggulangan Penyakit,cet 1. Farid W.Husain,dkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: